Apa Itu SEO dan Penjelasannya Lengkap

Apa Itu SEO dan Penjelasannya LengkapApa itu SEO? Secara kalimat, SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Pengertian SEO Adalah sebuah langkah atau cara optimasi yang mengoptimalkan sebuah situs supaya berada di posisi atas di mesin pencari. Utamanya mesin pencari google.

Mengapa harus google? Sebab tak bisa dipungkiri jika google merupakan search engine terbaik dan terpopuler saat ini. Tak hanya dikunjungi oleh orang-orang Indonesia saja, tetapi juga orang luar negeri. Bahkan jumlah pengunjung mesin pencari ini tergolong sangat fantastis.

Berdasarkan data dari Alexa Rank, diketahui google.com merupakan website paling populer dan paling sering dikunjungi diantara website-website lainnya. Setidaknya hal ini berlaku dalam waktu tiga bulan terakhir. Grafiknya semakin menanjak, berbeda dengan dahulu.

Sejarah SEO

SEO atau yang disebut Search Engine Optimization pertama kali digunakan pada tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang di-posting di usenet. Jelas, SEO dahulu dengan SEO sekarang sangat jauh berbeda. Jika dahulu SEO masih bisa dimanipulasi, saat ini hal tersebut sudah tidak dapat dilakukan. Ketika itu google pun juga masih belum dibuat.

Hingga pada akhirnya di tahun 1998 Page dan Brin mendirikan google yang merupakan mesin pencari versi tingkat lanjut dari Backrub. Dan dalam waktu singkat google pun mendapatkan popularitas hingga digunakan oleh milyaran orang di seluruh dunia hingga saat ini. Sejarah telah membuktikan jika google adalah mesin pencari terbaik di dunia sehingga kini Search Engine Optimization lebih berpedoman pada situs google.com

Apa Itu SEO dan Apa Tujuan SEO?

Untuk apa SEO? Mengapa SEO harus digunakan? Sesuai dengan apa yang sudah saya singgung sebelumnya, SEO merupakan optimasi sebuah situs supaya berada di posisi atas di mesin pencari. Dari definisi tersebut tentu saja anda sudah tau bukan untuk apa SEO dilakukan?

Jika situs atau website sudah berada di peringkat atas mesin pencari, tentu banyak benefit yang didapatkan. Salah satunya adalah peningkatan pengunjung secara drastis. Selain itu, SEO juga merupakan cara alternatif untuk memperkenalkan sebuah website ke seluruh dunia tanpa perlu melakukan promosi dari satu tempat ke tempat lainnya. Walau bukan cara cepat, setidaknya telah banyak yang membuktikan bahwa SEO benar-benar membuat website menjadi jauh lebih populer.

SEO berguna untuk website jenis apa saja, baik website pribadi maupun website untuk bisnis. Dengan melakukan Teknik SEO untuk web pribadi maka traffic bisa meningkat sehingga situs pun menjadi semakin populer. Begitu pun halnya dengan website bisnis, SEO sangat penting diterapkan guna mempermudah penjualan barang dan jasa menjadi closing.

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Hal ini masih banyak yang belum mengetahuinya, padahal cara kerja SEO sangat penting diketahui supaya anda bisa melakukan langkah yang tepat. Secara garis besar, SEO bekerja dimulai dari proses Crawling dan diakhiri dengan retreiving result. Berikut ini adalah tahapan-tahapannya :

Crawling

Crawling merupakan proses perayaan yang dilakukan perangkat lunak googlebot dalam mesin pencari google. Dalam Perayapan ini perayapan ini terjadi proses pengambilan semua halaman web yang terhubung pada situs web tersebut.

Indexing

Setelah melalui proses Crawling, tahapan selanjutnya adalah Indexing atau yang disebut juga pengindeksan. Pada tahap ini, semua halaman web diindeks dan disimpan ke dalam basis data mesin pencari. Oh ya, bagi anda yang belum tau tentang pengindeksan, padat dasar Indexing merupakan proses identifikasi dari kata-kata dan tulisan atau deskripsi yang membuat halaman tersebut masuk dalam basis data search engine (mesin pencari) dengan keyword atau kata kunci tertentu.

Processing

Proses ini terjadi ketika user atau orang-orang yang melakukan browsing mengetikkan kata kunci tertentu di google. Ketika mesin pencari menerima permintaan kata kunci tertentu, search engine akan melakukan perbandingan dengan kata kunci yang sama ke dalam request pencarian dengan halaman lainnya dari berbagai situs web yang telah terindeks pada basis data mesin pencari.

Calculating Relevancy

Kata kunci tertentu, misal “apa itu SEO” sudah barang tentu tidak mungkin dicari hanya satu orang saja. Bisa puluhan orang, ratusan orang, ribuan orang, bahkan bisa jutaan orang. Hal ini membuat mesin pencari melakukan sebuah proses yang disebut dengan calculating Relevancy. Mesin pencari akan menghitung relevansi dari setiap halaman yang telah terindeks untuk setiap keyword yang diterima.

Retreiving Result

Apa itu SEO proses retreiving result? Proses ini merupakan langkah terakhir dari cara kerja SEO. Pada tahap akhir ini, sistem mesin pencarian akan mengambil hasil yang sangat relevan dari kata kunci yang telah di proses sebelumnya. Jadi kurang lebih seperti itulah prosesnya.

Teknik SEO yang Bisa Anda Lakukan untuk Bisa Mendongkrak Situs

Secara garis besar, anda bisa melakukan teknik SEO dengan dua cara optimasi. Yang pertama adalah SEO On Page dan yang kedua adalah SEO Off Page. Semua harus sama-sama dilakukan supaya anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Mari simak masing-masing penjelasannya berikut ini :

SEO On Page

Apa itu SEO On Page? Teknik SEO ini dilakukan dari dalam yaitu dengan memanfaatkan konten yang Anda buat. Tentu saja konten tersebut harus berkualitas supaya lebih berpeluang menduduki peringkat pertama mesin pencari. Namun konten berkualitas saja tidak cukup, anda juga harus mengetahui bagaimana caranya membuat artikel SEO friendly.

Tentang hal tersebut akan kami jelaskan lebih detail pada postingan berikutnya. Sebelum membuat konten, disarankan bagi penulis untuk melakukan riset kata kunci terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat persaingannya. Selain itu riset dilakukan untuk mengetahui volume pencari kata kunci tersebut.

SEO Off Page

Walaupun sifatnya yang hanya membantu, tetapi anda tidak bisa melupakan hal ini begitu saja. Apa itu SEO Off Page? Optimasi SEO yang satu ini merupakan kebalikan dari SEO On Page dimana optimasinya tidak dilakukan dari dalam tetapi dari luar. Salah satu teknik SEO off page yang masih cukup efektif digunakan hingga saat ini adalah backlink.

Baik SEO On Page maupun SEO Off Page saya sarankan dilakukan secara seimbang. Saat 3 bulan pertama website dibuat, optimalkan SEO on page terlebih dahulu baru setelah website berumur 3 bulan barulah anda bisa lebih mengoptimalkan SEO off page. Tetap lakukan secara wajar dan tidak berlebihan. Penjelasan lebih jauh tentang SEO off page juga akan dijelaskan pada artikel berikutnya.

Kesimpulan

Jadi dapat disimpulkan, SEO (Search Engine Optimization) merupakan pengoptimalan situs yang dilakukan baik dari dalam maupun dari luar dengan kata kunci tertentu guna mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari. Selain itu masih banyak faktor-faktor lainnya yang menentukan sebuah situs bisa berada di peringkat atas.

Demikian penjelasan yang dapat saya bagikan mengenai apa itu SEO beserta penjelasannya. Jika Anda ingin mengoptimasi Website tapi masih memiliki pengetahuan SEO yang sedikit, Anda juga bisa menggunakan Jasa SEO. Semoga bermanfaat dan selamat belajar dan mendalami dunia SEO yang begitu luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *