5 Aplikasi Pengukur Jarak Jalan Kaki Wajib Coba

ReynaldiArya.IDAplikasi Pengukur Jarak Jalan KakiHimbauan untuk mengurangi aktivitas publik, bukan berarti menjauhkan diri dari olahraga. Jalan kaki bisa menjadi salah satu pilihan untuk gerak badan dengan mudah dan murah. Apalagi, sekarang sudah banyak aplikasi pengukur jarak jalan kaki yang bisa diunduh, untuk menemani aktivitas olahraga menjadi semakin menyenangkan.

5 Aplikasi Pengukur Jarak Jalan Kaki Wajib Coba

1. StepsApp

Pertama untuk aplikasi pengukur jarak jalan kaki satu ini hanya tersedia di App Store. Dengan rating 4,9 dari 5 bintang, aplikasi ini menjadi rekomendasi bagi pemilik iphone dan apple watch, yang ingin mengoptimalkan aktivitas jalan kakinya.

Selain mudah digunakan, Apple juga melengkapinya dengan biological parameter, agar akurasi kebutuhan kalori dan kalori terbakar semakin menambah semangat para penggunanya. Diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna, aplikasi pedometer ini juga mendapat review yang sangat positif dari para penggunanya.

2. Lari dengan Map My Run

Aplikasi ini tersedia pada perangkat android maupun iphone. Bagi pengguna yang memang ingin fokus melatih aktivitas jalan kaki layaknya atlet profesional, MapMyRun bisa menjadi pilihan untuk aplikasi pendamping latihan. Bukan hanya menghitung jarak dan langkah kaki, aplikasi ini bahkan bisa memberi saran beberapa rute jalan atau lari.

Tidak hanya itu, di sepanjang rute yang dipilih, pengguna bisa juga menemukan sesama pengguna aplikasi ini yang juga sedang melakukan aktivitas serupa. Selain itu, informasi pembakaran kalori tetap menjadi primadona dari pedometer ini, karena menunjukkan seberapa efektif latihan yang dilakukan di setiap harinya.

3. Google Fit

Aplikasi pre-installed pada sebagian besar perangkat android ini, cukup memberikan manfaat bagi pengguna yang mengidamkan kebugaran. Meskipun memerlukan koneksi internet dalam penggunaannya, namun fitur-fitur dalam aplikasi ini terbilang lengkap dan bermanfaat. Bukan hanya memberikan informasi jarak, tetapi juga berapa langkah kaki, kecepatan serta durasi yang ditempuh.

Bukan hanya itu, Google Fit juga memiliki fitur pengukur denyut nadi atau detak jantung, serta pengaturan untuk memunculkan notifikasi latihan bagi penggunanya. Aplikasi yang bisa diunduh secara gratis ini, semakin memanjakan penggunanya dengan adanya tips-tips seputar kebugaran.

4. Runtastic (Adidas Running App)

Aplikasi ini akan membuat ponsel kita berubah menjadi pengukur jarak jalan atau lari. Bukan hanya mengukur jarak, Runtastic juga menginformasikan kecepatan rata-rata penggunanya, ketika melakukan aktivitas gerak dengan berjalan atau berlari. Tidak hanya itu, aplikasi ini akan memberikan data pada setiap latihan yang kita lakukan, meskipun berkali-kali dalam satu hari.

Selain data jarak tempuh, Runtastic juga memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk membagikan aktivitas olahraganya ke media sosial. Sehingga, selain menjadi motivasi bagi diri sendiri untuk senantiasa bugar, penggunanya juga bisa berbagi inspirasi positif kepada para followers media sosialnya untuk menjaga kesehatan dengan cara mudah.

5. Strava

Maraknya olahraga jalan, lari, dan bersepeda di kala pandemi, menjadikan Strava popular sebagai aplikasi pendamping para pelari atau pesepeda, bahkan di level profesional. Aplikasi ini menyuguhkan fitur yang menarik, mulai dari jarak tempuh, kalori terbakar, dan juga koordinat GPS yang akurat.

Analisa data pada Strava juga ditampilkan dalam bentuk grafik yang menarik. Hadirnya aplikasi ini terkadang menjadi penyemangat tersendiri bagi para penggunanya.

Referensi aplikasi pengukur jarak jalan kaki di atas dapat dijadikan pilihan. Mengetahui data dan progres aktivitas jalan kaki yang dilakukan, akan memacu motivasi seseorang ketika berolahraga. Dengan begitu, aktivitas olahraga ringan pun tidak akan lekas menimbulkan kebosanan dan bisa konsisten dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *