4 Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Paling Efektif

4 Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Paling Efektif – Seseorang yang sudah berusia 18 tahun ke atas pastinya sudah mulai memikirkan pekerjaan untuk masa depannya. Dunia anak-anak sudah mulai ditinggalkan dan kini sudah mulai berpindah ke dunia dewasa. Memiliki sebuah pekerjaan yang layak bakal menjadikan anda memiliki harapan besar untuk meraih kesuksesan di masa depan. Bahkan di kehidupan masa depan sudah tidak perlu lagi susah payah mencari uang apabila pekerjaan yang dijalaninya berhasil.

Mencari sebuah pekerjaan tentu ada prosedur yang harus dilewati oleh setiap orang. Beberapa hal yang harus dilakukan seperti membuat surat lamaran pekerjaan, interview, test, dan lain sebagainya. Tahap-tahap tersebut harus anda lewati supaya bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Pekerjaan yang menggunakan lamaran biasanya adalah perusahaan resmi yang dapat menjamin pekerjaan layak terhadap karyawannya.

Kebanyakan orang yang baru lulus sekolah akan mulai membuat surat lamaran pekerjaan dan mencoba mendaftarkan diri ke suatu perusahaan. Setiap perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang fresh graduate. Memiliki tenaga yang masih segar akan membuat kinerja perusahaan dapat berjalan dengan lancar. Sebab itulah mengapa banyak anak mudah yang melamar pekerjaan kesana kemari.

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Membuat surat lamaran pekerjaan juga ada prosedur yang harus anda lakukan supaya diterima oleh perusahaan. Jangan sampai anda bermain-main bila menulis surat lamaran pekerjaan ke suatu perusahaan. Nantinya anda akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan yang diharapkannya. Berikut adalah beberapa cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar!

Menggunakan Bahasa yang Baik

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menggunakan bahasa yang baik dalam membuat surat lamaran pekerjaan. Bahasa yang baik adalah menggunakan bahasa resmi Indonesia. Jangan sampai anda mencampurkan antara bahasa daerah dengan bahasa indonesia. Hal ini akan membuat HRD yang mengecek surat lamaran pekerjaan anda akan kesulitan memahami bahasa yang digunakan.

Karena anda tinggal di Negara Indonesia, maka bahasa yang digunakan dalam menulis surat lamaran pekerjaan adalah Bahasa Indonesia. Kecuai apabila di dalam persyaratan diminta untuk menggunakan Bahasa Inggris, anda bisa mengikutinya. Dengan menggunakan bahasa yang baik, kesempatan besar untuk diterima oleh perusahaan akan semakin besar.

Tulis Identitas Diri Secara Lengkap

Identitas menjadi salah satu faktor penting supaya HRD mengetahui siapa diri anda sebenarnya. Beberapa identitas yang harus anda isi seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, nomor telepon, dan lain sebagainya. Untuk nama sebaiknya ditulis selengkap mungkin jangan sampai anda menyingkat nama anda sendiri. Terkecuali bila nama anda sangat panjang melebihai 4 suku kata.

Selain itu, penulisan tempat tanggal lahir juga menjadi salah satu faktor penting. Anda harus mengisinya dengan benar. Apalagi untuk alamat pada surat lamaran pekerjaan, anda bisa memasukan alamat asli dari mana anda berasal atau dari domisili anda berasal. Pastikan juga penulisan alamat sesuai dengan alamat sebenarnya seperti nama jalan, kecamatan, daerah dan lain-lain.

Nah, hal yang paling penting dalam mengisi identitas diri anda adalah mencantumkan nomor telepon atau email. Keduanya sangat penting karena pihak perusahaan akan menghubungi anda apabila sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Biasanya pihak perusahaan akan melakukan pemanggilan melalui telepon atau email. Untuk itu, hal yang satu ini jangan sampai anda lewatkan.

Pastikan Tulisan Anda Sebaik Mungkin

Ketika HRD membuka surat lamaran pekerjaan, biasanya ia akan langsung tertarik bilamana tulisan surat lamaran yang dibuat sangat baik. Anda bisa membuat tulisan sebagus mungkin supaya dapat dibaca oleh HRD anda saat lamaran sudah diterima. Jangan sampai tulisan anda tidak bisa dibaca sama sekali, nantinya HRD akan menilai bahwa anda tidak memiliki kriteria yang diinginkan.

Apabila anda tidak bisa menulis sebagus mungkin, setidaknya tulisan anda bisa dibuat serapi mungkin. Pastikan huruf pada bagian depan dan berikutnya setara tidak naik dan turun. Dengan begitu, lamaran pekerjaan anda akan berkesempatan diterima oleh perusahaan.

Lihat Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Lainnya

Langkah yang bisa anda lakukan terakhir adalah melihat contoh surat lamaran pekerjaan lain. Anda bisa melihatnya melalui media internet ataupun dari tulisan teman anda lainnya yang sudah pernah membuat surat lamaran pekerjaan. Dengan melihat referensi lain, anda akan membuat lamaran dengan mudah pastinya.

Kesimpulan

Itulah bagaimana cara membuat surat lamaran kerja paling efektif dan tentunya mempunyai peluang besar untuk diterima pada perusahaan yang anda inginkan. Jika ada pertanyaan seputar cara membuat surat lamaran pekerjaan, bisa anda kirim melalui kolom komentar dibawah. Semoga artikel ini bermanfaat, Terimakasih.

About Yuki Putri

Yuki Putri

Check Also

Cara Menghasilkan Uang dari Website Streaming

Cara Menghasilkan Uang dari Website Streaming – Anda harus menonton film online berkualitas tinggi. Ada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *