10 Cara Mengatasi HP Panas yang Harus diketahui

ReynaldiArya.IDCara Mengatasi HP Panas Elektronik memiliki sifat cepat panas, tidak terkecuali handphone. Namun, HP yang suhunya cepat meningkat akan membuat tidak nyaman dan menandakan ada yang tidak beres dalam komponennya. Selain itu, akan menimbulkan permasalahan lain seperti HP nge-hang, bocor baterai, dan banyak lagi. Kondisi cepat panas biasanya dipicu oleh seringnya bermain game dan sosmed. Pada artikel ini akan diulas bagaimana cara mengatasi HP panas.

10 Cara Mengatasi HP Panas yang Harus diketahui

1. Secukupnya Saat Menginstall Aplikasi

Ketika mengunduh sebuah aplikasi, unduhlah seperlunya. Jika aplikasi tersebut sudah tidak diperlukan, maka hapus aplikasi tersebut. Sebab, ketika aplikasi terunduh,  aplikasi tersebut tidak hanya diam, melainkan tanpa kita sadari tetap aktif di background service. Aplikasi yang aktif di background service biasanya memunculkan notifikasi. Dengan demikian, kinerja processor pada HP semakin berat sehingga HP lebih mudah panas

2. Aktifkan Mode Hemat Daya

Selain menghabiskan daya baterai lebih cepat, beberapa fitur yang dinyalakan dalam jangka panjang dapat membuat HP lebih cepat meningkat. Contohnya seperti fitur GPS, Wifi, dan Bluetooth jika terus dinyalakan maka akan menambahkan beban berat kinerja pada processor. Gunakanlah fitur-fitur seperlunya saja. Dengan mengaktifkan mode hemat daya, kita dapat mengatur aplikasi apa saja yang akan tetap berjalan. Sehingga suhu HP tidak cepat meningkat.

3. Hindari Multitasking

Membuka beberapa aplikasi sekaligus memang terkadang memudahkan. Namun, hal tersebut juga harus diperhatikan dengan spek HP yang dimiliki. Aplikasi yang terbuka secara bersamaan akan membuat suhu HP cepat meningkat. Gunakanlah paling tidak tiga aplikasi jika ingin multitasking.

4. Kurangi Game

Game merupakan penyebab utama HP mudah panas. Terlebih lagi jika yang dimainkan adalah game yang berat dan  dalam waktu yang lama. Tidak hanya panas, efek selanjutnya bisa jadi HP akan rusak bahkan mati total. Baiknya, batasi penggunaan bermain game yang berlebihan.

Hal ini dilakukan untuk menjaga kestabilan suhu HP. Selain itu, atur pada pengaturan tingkat grafis game. Semakin tinggi kualitas grafis game yang diatur, maka semakin berat komponen HP akan bekerja. Semakin berat komponen bekerja, maka HP akan lebih cepat panas.

5. Atur Tingkat Kecerahan

Biasanya kebutuhan tingkat kecerahan di luar ruangan dan di dalam ruangan berbeda. Ketika di luar ruangan, tingkat pencahayaan yang dibutuhkan lebih tinggi sehingga tidak jarang pengaturan cahaya (brightness) tersebut ditingkatkan.

Namun,  pengaturan cahaya yang tinggi akan membuat mata sakit dan membuat suhu panas cepat meningkat  pada HP. Solusinya, turunkan kembali tingkat pencahayaan pada HP ketika keperluan sudah selesai. Hal tersebut efektif dan dalam menghindari HP cepat panas.

6. Jangan nyalakan HP ketika di cas

Hal ini sering dianggap sepele oleh sebagian orang. Bermain games, membuka sosial media, maupun aktivitas lainnya ketika HP di cas. Mungkin, dalam kondisi darurat boleh saja menyalakan HP ketika di cas. Namun setelah itu, matikan kembali HP agar daya baterai yang masuk dapat terserap penuh oleh HP. Hal ini akan menyebabkan suhu pada HP akan lebih panas dari biasanya.

7. Faktor Lingkungan

Lingkungan dengan temperatur suhu yang tinggi juga menjadi faktor HP cepat panas. Paparan sinar matahari membuat baterai lebih panas dan juga mendisfungsikan layar sentuh. Jadi, hindari HP dari paparan sinar matahari secara langsung

8. Sirkulasi Udara

Kesibukan seseorang dalam beraktivitas membuat kebiasan menyimpan HP di saku yang tidak longgar menjadi lumrah. Saku yang tidak longgar membuat HP cepat panas karena kurangnya atau bahkan tidak adanya sirkulasi  udara ditempat HP tersebut diletakkan. Hal itu pula yang menyebabkan performa HP cepat turun. Maka, sesekali keluarkanlah HP mu dari tempat tertutup untuk memberinya ‘udara segar’.

9. Hapus ‘Junk Files’

Tumpukan junk files, data cache, cookies maupun data yang sudah tidak terpakai lainnya dapat menyebabkan HP dan baterai cepat panas. Dampak langsungnya yaitu terhadap CPU dan RAM yang akan memancing naiknya suhu pada HP.

Hapuslah junk files, data cache, dan cookies secara berkala agar tidak bertumpuk. Bisa juga menggunakan aplikasi Clean Master agar lebih mudah menghapus file yang tidak terpakai. Clean Master juga dapat membantu menurunkan suhu pada HP.

10. Aplikasi ‘Pendingin’

Aplikasi memang sangat membantu dalam berbagai hal. Cara mengatasi HP panas juga ada aplikasinya. Ada beberapa aplikasi yang direkomendasi seperti Cooler Master, Cooling Master, atau Device Cooler.  Aplikasi-aplikasi tersebut dapat membantu menjaga kestabilan suhu HP mu dan membantu mendinginkan suhu HP mu yang panas.

Itulah beberapa tips untuk cara mengatasi HP panas. Secanggih apapun HP yang kita miliki, tetap saja perawatan adalah hal yang harus diutamakan. Dengan menerapkan cara-cara yang sudah dijelaskan di atas, tidak perlu khawatir, HP mu akan terhindar dari suhu panas yang mengganggu. Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *