Class Diagram : Pengertian, Contoh, Komponen, Dan Fungsinya

Class Diagram : Pengertian, Contoh, Komponen, Dan Fungsinya – Apakah kalian sudah mengetahui dasar-dasar seputar class diagram? Jika belum silahkan simak dengan detail pembahasan dibawah ini.

 

Pengertian Class Diagram

Apa itu class diagram ?

Class diagram adalah sebuah bagian dari UML (Unified Modeling Language). Dimana class diagram ini menggambarkan visual dari struktur serta deskripsi dan hubungan antar class diagram tertentu. Dengan memodelkan class, atribut, dan objek disamping itu juga hubungan satu sama lain seperti pewarisan, containmet, asosiasi dan lainnya.

Class diagram juga memberikan gambaran diagram statis tentang sistem atau perangkat lunak dan relas-relasi yang ada didalamnya.

Sekilas apabila kita perhatikan class diagram ini hampir menyerupai ERD (Entity Relationalship Diagram), hanya saja yang menjadi perbedaan class diagram memiliki operasi dan method.

Adapun pengertian class diagram menurut 2 para ahli, berikut dibawah ini penjelasannya.

  • Satzinger (2011 : 28) menjelaskan, pengertian class diagram adalah alat untuk membantu menggambarkan serta memvisualisasikan struktur kelas yang terdapat dalam suatu sistem atau program. Mengapa begitu? Karena class diagram ini mendeskripsikan kelompok objek bersama properti, operasi dan relasi yang sama.
  • Pendapat yang kedua dari Sukamto dan Shalahuddin (2013:141), mereka berdua mendefinisikan class diagram adalah penggambaran dari struktur sistem serta menjelaskan kelas yang hendak dibangun oleh sistem.

Contoh Class Diagram

Class Diagram ATM

Class Diagram ATM jika dilihat sangat tampak sederhana, bayangkan seorang pelanggan hanya perlu menekan beberapa tombol atau nomor untuk mengambil uang tunai di ATM. Tetapi, ada banyak lapisan keamanan yang sebenarnya harus dilalui oleh uang di ATM sehingga ketika melakukan transaksi menjadi aman serta efektif dalam mencegah terjadinya tindak penipuan dan memberikan nilai tambah bagi kepuasan pelanggan perbankan. Contoh lebih detail seperti gambar di bawah ini kan memberikan informasi mengenai sistem diagram atm.

Class Diagram Manajemen Hotel

Class Diagram Manajemen Hotel dapat menunjukkan hubungan antara setiap objek dalam sistem atau perangkat manajemen hotel, termasuk didalamnya informasi tamu, tanggung jawab staff, dan jumlah hunian kamar. Contoh lebih detail seperti gambar di bawah ini akan memberikan informasi mengenai sistem diagram manajemen hotel.

Komponen Dasar Class Diagram

Class diagram terdiri atas 3 bagian atau area pokok, yaitu :

  • Bagian pertama yaitu nama class ini selalu diperlukan, baik ketika berbicara tentang classifier atau objek. Setiap class pasti memiliki nama yang membedakan dengan class yang lain, nama dikenal sebagai simple name (nama sederhana) dan path name (nama path).

  • Bagian kedua yaitu atribut-atribut kelas, bagian ini digunakan untuk menjelaskan kualitas kelas. Hal ini hanya diperlukan saat menggambarkan contoh kelas tertentu. Secara singkat, Atribut dapat menjelaskan rentang nilai sifat tersebut. Sebagai contoh sederhana : Atribut menggambarkan beberapa sifat tertentu yang sedang dimodelkan yang dapat dibagikan ke seluruh objek didalam kelas tersebut, seperti setiap pohon memiliki tinggi, lebar, dan ketebalan (jari-jari).

  • Bagian kedia yaitu operasi kelas (metode). Ditampilkan dalam format daftar, setiap operasi mengambil jalurnya sendiri. Operasi menggambarkan bagaimana suatu kelas berinteraksi dengan database.
    Objek dapat mewakili sesuatu yang nyata dalam domain masalah kalian, sebagai contoh seorang konsumen, sebuah barang, seperangkat komputer, dapat juga berupa sebuah konsep seperti pengembalian buku, pembayaran dan lainnya. Dari object-object ini maka dapat kalian harus mengabstraksikan clandidate class yang bisa terlibat.

Pengubah Akses Anggota

Pada dasarnya semua kelas memiliki tingkat atau level akses yang berbeda-beda, hal ini umumnya tergantung pada pengubah akses (visibilitas). Berikut adalah daftar tingkat/level akses yang dilengkapi dengan simbol yang sesuai :
    • Public (+)
    • Private (-)
    • Protected (#)
    • Package (~)
    • Derived (/)
    • Static (underlined)

Hubungan Antar Kelas

  • Asosiasi, yaitu dapat didefinisikan sebagai hubungan statis antar class. Umumnya Asosiasi menggambarkan class yang memiliki atribut seperti class lainnya, ataupun jenis class yang memerlukan informasi mengenai eksistensi class lain.
  • Agregasi, yaitu dapat didefinisikan hubungan yang menyatakan suatu bagian seperti (“terdiri atas…”)
  • Pewarisan, yaitu hubungan urutan jenjang (hirarkir) antar class. Misalnya suatu class dapat mewarisi semua atribut dan metoda class asalnya dengan cara menurunkannya ke class lain sehingga ia disebut anak dari class yang diwarisinya.
  • Hubungan dinamis, yaitu hubungan suatu message (rangkaian pesan) yg dilalui satu class ke class lainnya. Adaapun hubungan dinamis dapat digambarkan dengan menggunakan sequence diagram

Fungsi Class Diagram

Berikut dibawah ini adalah Manfaat Class Diagram UML :

1. Menggambarkan suatu model database untuk sistem informasi, tidak peduli apakah model database tersebut sederhana maupun kompleks.
2. Mempelajari suatau class diagram maka akan meningkatkan pemahaman mengenai gambaran umum skema dari suatu beberapa aplikasi.
3. Mampu menyatakan secara visual akan kebutuhan spesifik suatu informasi serta dapat menyebarkan informasi dengan detail ke seluruh bisnis.
4. Dengan Class Diagram ini kalian dapat membuat bagan secara jelas dan terperinci dengan cara memperhatikan kode spesifik apa saja yang dibutuhkan di suatu program sehingga mampu mengimplementasikannya ke struktur yang digambarkan.
5. Class Diagram mampu memberikan penggambaran implementasi – independen dari suatu jenis sistem yang digunakan, kemudian dilewatkan diatara berbagai komponen lainnya.

Kesimpulan

Perlu kalian ketahui untuk membuat sebuah class diagram diperlukan adanya aplikasi yang berkualitas tinggi, agar hasil yang didapat terlihat bagus dan maksimal.

Itulah informasi detail mengenai class diagram meliputi pengertian, contoh, komponen dan fungsinya.

Tulisan ini diambil dari berbagai referensi website yang disusun kembali agar sesuai dengan apa yang kalian cari.

Tеrіmаkaѕіh ѕudаh berkunjung jangan lupa untuk ѕhаrе аrtіkеl ini ke tеmаn – tеmаn kаlіаn. Jika аdа уаng іngіn dі tаnуаkаn ѕіlаhаkan bеrtаnуа di kоlоm komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *