Tempat Wisata Hutan Mangrove Labuhan, Bangkalan, Madura

Tempat Wisata Hutan Mangrove Labuhan, Bangkalan, Madura – Hutan Mangrove berguna untuk menjaga kelestarian bumi saja, khususnya di daerah pantai supaya tidak terjadi abrasi. Namun bukan hanya digunakan untuk mencegah abrasi, Hutan Mangrove juga bisa digunakan sebagai tempat wisata yang menarik para wisatawan.

Sekarang ini banyak sekali Hutan Mangrove yang difungsikan juga sebagai tempat wisata, salah satunya adalah Hutan Mangrove di Desa Labuhan. Hutan Bakau merupakan tanaman yang tumbuh di air payau dan dipengaruhi pasang-surut air laut. Tanaman ini tumbuh di daerah yang memiliki akumulasi bahan organik dan pelumpuran, baik itu di teluk maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat serta mengendapkan lumpur yang dibawa dari hulu.

Selain berguna untuk mencegah abrasi, tanaman bakau juga berguna untuk membuat Arang Kayu, Bahan Kosmetik, Bahan Pangan, Bahan Minuman dan Bahan Pewarna. Pelestarian Hutan Mangrove sangat penting, karena hutan mangrove bisa untuk melindungi garis pantai dari abrasi, serta meredam gelombang besar.

Hutan Mangrove Labuhan

Seperti namanya, Hutan Mangrove Labuhan terletak di desa Labuhan, Kec. Sepulu, Kab. Bangkalan, atau sekitar 40 km ke arah utara dari pusat Kota Bangkalan. Kawasan hutan Mangrove Labuhan ini sebenarnya adalah bekas kawasan tambak yang diubah menjadi konservasi Mangrove.

Kemudian hutan Mangrove Labuhan dikembangkan menjadi Taman Pendidikan Mangrove oleh Kelompok Tani Mangrove “Cemara Sejahtera”.

Aktivitas di Hutan Mangrove Labuhan

Jika kamu berminat pergi ke Hutan Mangrove Labuhan, berikut ini adalah beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di Hutan Mangrove Labuhan, antara lain.

Jelajah Kehati, Konservasi Mangrove

Para wisatawan yang datang akan diajak untuk menjelajahi hutan Mangrove serta mengenal flora dan fauna. Contohnya saja seperti hewan reptil, burung, mamalia, serangga dan ikan. Bukan hanya itu saja, kamu juga akan diajak untuk membuat herbarium, pembibitan, serta adopsi cemara laut. Selain itu, di sini juga terdapat Fun Game yang bisa menambah keseruan saat menjelajahi Hutan Mangrove Labuhan.

Kegiatan di atas ditujukan untuk siswa – siswi SMP dan SMA yang durasi dari pukul 08.00 – 16.30 WIB. Untuk melakukan kegiatan tersebut, kamu akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp 45.000,- dengan membayar biaya tersebut kamu juga sudah mendapatkan fasilitas peralatan pembibitan, makan siang, dan trainer.

Mangrove Camp

Jika kamu suka berpetualang dan menggelar tenda untuk camping, disini juga disediakan kegiatan Mangrove Camp. Fun camping di hutan Mangrove ini akan menjelajah hutan dan mengenal jenis-jenis Mangrove serta satwa liar yang ada di sini.

Di sini juga terdapat Night Safari, kegiatan ini sangat cocok sekali untuk kalian yang suka dengan tantangan. Durasi yang diberikan selama 2 (dua) hari satu malam dengan biaya sebesar Rp 80.000/orang, dengan biaya tersebut kamu sudah mendapatkan fasilitas trainer, peralatan fish trap, fasilitatir, dan bibit Mangrove.

Jelajah Konservasi Mangrove dan Adopsi Cemara Hutan

Kegiatan yang satu ini berbeda dengan kegiatan yang pertama, yang satu ini paket wisata dibuat lebih sedikit, namun masih ada hubungannya dengan hutan Mangrove. Kegiatan yang bisa kamu lakukan seperti pembibitan dan penanaman Mangrove, adopsi cemara laut, jelajah trekking, dan fun game.

Untuk menikmati paket wisata ini, kamu hanya perlu membayar uang sebesar Rp 40.000,- saja. Durasi kegiatan ini mulai dari pikil 08.00 – 16.00 WIB. Kamu juga akan mendapatkan beberapa fasilitas, seperti trainer, makan siang, dan peralatan pembibitan Mangrove.

Jelajah Konservasi Mangrove

Jika kamu ingin melihat Hutan Mangrove lebih dekat serta ingin mempelajari lebih detail megnenai hutan Mangrove, kamu bisa mengikuti kegiatan yang satu ini. Kegiatan yang satu ini memiliki kegiatan yang sangat seru, seperti jelajah hutan, mengenal ekosistem pesisir, penanaman Mangrove, dan mengenal pembibitan.

Untuk melakukan kegiatan diatas, kamu cukup membayar Rp 35.000,- saja, durasi dari kegiatan tersebut mulai dari pukul 08.00 – 16.00 WIB. Fasilitas yang akan kamu peroleh juga tidak jauh dengan paket yang lain, di paket ini kamu akan mendapatkan fasilitas berupa peralatan pembibitan, trainer dan makan siang.

Penutup

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai Wisata Alam Hutan Mangrove Bangkalan, Hutan Mangrove Bangkalan merupakan salah satu tempat wisata di Bangkalan yang cukup ramai dikunjungi wisatawan. Bagaimana Tertarik mengunjungi tempat wisata ini?

About Yuki Putri

Yuki Putri

Check Also

5 Destinasi Bali yang Paling Populer

5 Destinasi Bali yang Paling Populer – Siapa yang tidak kenal Bali? Pastinya semua orang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *