6 Tips Membeli Laptop Bekas dengan Cermat

ReynaldiArya.IDTips Membeli Laptop Bekas Penggunaan laptop semakin meningkat setiap tahun. Inovasi yang dihadirkan juga semakin beragam dengan harga yang bervariasi sesuai kualitas. Bagi yang ingin membeli laptop dengan dana terbatas, laptop bekas jalan keluarnya. Perlu ketelitian jika membeli laptop bekas. Ada beberapa tips membeli laptop bekas yang bisa dilakukan agar memperoleh laptop yang berkualitas dengan harga bagus.

6 Tips Membeli Laptop Bekas dengan Cermat

1. Membeli di Tempat yang Terpercaya

Berbelanja saat ini bisa dilakukan melalui situs web maupun terjun langsung ke tempat penjualan. Pentingnya melihat pasar yang aman akan mencegah tindakan penipuan atau pemalsuan. Pembeli bisa menentukan belanja melalui e-commerce atau ke toko langsung, semuanya memiliki kelebihan masing-masing. Jika berbelanja di e-commerce pilihlah marketplace yang memiliki jaminan.

Toko yang memberikan jaminan jauh lebih meyakinkan. Selain itu, lihat seberapa lama toko sudah berjualan dan review dari pelanggan. Pastikan juga mengenai pamor e-commerce tersebut. Keuntungan jika berbelanja secara offline adalah calon pembeli bisa melihat secara langsung, tetapi tetap perhatikan keamanan dalam berbelanja.

2. Cek Badan Laptop

Secara kasat mata, bagian terluar atau badan laptop adalah yang tampak terlebih dahulu. Perhatikan bodi laptop dengan cermat. Pilihlah laptop tanpa retak dan lecet untuk mengantisipasi kerusakan berkelanjutan. Jika kondisi kerusakan bagian luar laptop tergolong parah, pilih laptop yang minim cacat dan lecet. Pembeli perlu memperhatikan ini sebagai tips membeli laptop bekas agar laptop sesuai keinginan.

3. Uji Bantalan Sentuh dan Keyboard

Bantalan sentuh atau trackpad adalah permukaan yang sering digunakan dalam mengoperasikan laptop. Bantalan sentuh yang memiliki gangguan atau kerusakan sebaiknya tidak dipilih karena akan mengganggu pengoperasian laptop. Keyboard juga menjadi fokus yang perlu diperhatikan saat memilih laptop. Pembeli bisa mencoba, jika macet dan ada tombol atau huruf yang tidak bisa maka dipastikan memiliki kendala.

4. Periksa Soket

Soket atau lubang pada bagian sisi laptop menjadi hal yang harus diperhitungkan. Soket pada laptop berfungsi untuk tempat mengisi daya, sambungan headset, flashdisk, dan kabel. Banyaknya fungsi soket untuk sebuah laptop menunjukkan keutamaannya. Kendala yang biasa terjadi untuk tempat mengisi daya adalah kabel yang tertancap tidak langsung mengisi atau kendor.

Selain itu periksa bagian lain, apakah mengalami kendala yang sama atau tidak. Mengecek slot untuk DVD juga perlu diperhatikan. Jika kebutuhan pembeli adalah laptop yang masih bisa digunakan untuk memutar CD maka jangan lewatkan hal ini.  Jika keseluruhan soket dan slot DVD berjalan baik tanpa kekurangan, maka laptop bekas ini masih layak digunakan.

5. Teliti Kondisi Baterai

Dalam menghidupkan laptop tentunya hanya bisa berjalan dengan baterai yang berisi. Periksa tingkat baterai laptop jika digunakan untuk mengoperasikan aplikasi yang besar. Baterai yang tidak sehat atau rusak akan berkurang dengan drastis. Hindari menetapkan membeli laptop bekas dengan baterai yang boros dan laptop yang harus di charge saat digunakan. Selain berbahaya, juga merepotkan dalam penggunanya.

6. Coba Web Camera

Di masa pandemi seperti ini, interaksi dilakukan secara virtual melalui aplikasi seperti zoom dan google meet. Di saat seperti inilah kualitas webcam perlu diperiksa, terutama untuk pembeli dengan spesifikasi kamera yang bagus. Kamera yang masih jernih dan bagus bisa menjadi pilihan yang sesuai kebutuhan untuk digunakan.

Membeli laptop bekas memang memerlukan ketelitian dan usaha ekstra. Melaksanakan 6 tips membeli laptop bekas di atas akan mempermudah impian memiliki laptop bekas yang sesuai keinginan. Pintar dan cermat menjadi syarat lain dalam berbelanja. Melihat pasar laptop bekas akan memberikan keuntungan bagi para peminatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *