Web Hosting Indonesia Terbaik dan Terpercaya

0
97
Web Hosting Indonesia

Web Hosting Indonesia Terbaik dan Terpercaya – Web Hosting adalah kebutuhan bagi mereka yang berencana membangun sebuah website yang benar-benar profesional. Untuk memilikinya, diperlukan untuk melakukan sewa dengan biaya tertentu kepada penyedia hosting. Memiliki website merupakan salah satu cara untuk melakukan pemasaran digital yang efektif di era teknologi seperti saat ini.

Mengapa Harus Membuat Website?

Fakta menunjukkan bahwa pengguna internet sangat banyak jumlahnya. Contohnya saja di Indonesia, berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia jumlah pengguna internet di tanah air jumlahnya sudah mencapai 171 juta jiwa di tahun 2019 ini. Jumlah ini jauh meningkat 10,12% dibandingkan dengan tahun 2018.

Kini hampir semua orang mengakses internet untuk berbagai keperluan. Untuk browsing, belanja, mendengarkan musik, membaca berita, menonton video, dan masih banyak lagi yang lainnya. Website jenis apa pun yang anda buat insyaallah bisa membawa manfaat.

Misal, website toko online. Dengan berubahnya kebiasaan masyarakat dari berbelanja secara offline menjadi berbelanja online membawa dampak positif bagi para pemilik toko online. Mereka berpeluang besar mendapatkan banyak pembeli yang datang ke toko online mereka.

Yang Dibutuhkan Untuk Membutuhkan Sebuah Website

Sekarang pertanyaannya, apa yang saya butuhkan untuk membuat sebuah website? Jawabannya ada tiga. Yaitu niat, kemauan, kerja keras, dan juga modal alias uang. Sebab membuat website tidak bisa sepenuhnya gratis. Anda harus membeli dua amunisi berikut ini :

  • Domain
  • Hosting

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi server komputer agar lebih mudah diingat tanpa harus mengingat alamat IP. Domain biasanya ditandai dengan akhiran .com, .net, .id, .co.id, dan masih banyak lagi yang lainnya. Domain diibaratkan sebagai alamat sehingga dapat memudahkan pengunjung untuk mengunjungi website anda.

Lalu, Apa Itu Web Hosting?

Jadi, web hosting adalah sebuah layanan online yang bekerja untuk mengaktifkan atau mengonlinekan website, blog, maupun aplikasi web yang anda buat di internet. Saat anda membeli atau berlangganan sebuah layanan hosting, anda akan menyewa space di server atau tempat menyimpan semua file dan data yang dibutuhkan untuk membuat website anda dapat diakses dan dibuka oleh publik.

Server sendiri adalah sebuah komputer fisik yang bisa berjalan dan bekerja tanpa perlu disentuh oleh manusia. Jadi, website anda bisa berjalan secara otomatis tanpa perlu mengaktifkan komputer servernya setiap kali anda ingin website anda bisa diakses. Nah, fungsi web host ini adalah untuk menjaga server anda tetap aktif kapanpun anda mau dan menjaga server anda dari serangan virus dan lain – lain.

Singkatnya, anda bisa menganalogikan website anda sebagai bangunan atau rumah dan internet adalah jalannya. Domain adalah alamat rumah nya dan hosting web adalah tanahnya. Jadi web hosting adalah sistem yang membuat rumah anda bisa berdiri dan dibangun.

Jenis – Jenis Web Hosting

Setelah mengetahui apa itu web hosting, masih ada 1 hal yang yang perlu anda pahami sebelum membuat website. Yaitu jenis – jenis web hosting yang bisa anda gunakan. Sebab ada banyak jenis web hosting yang disediakan layanan hosting di Indonesia.

Tetapi, ada 5 jenis web hosting yang paling sering digunakan oleh blogger maupun web designer. Yaitu shared hosting, VPS, WordPress hosting, dedicated server hosting dan Cloud hosting. Berikut ini adalah penjelasan tiap jenisnya.

1. Shared Hosting

Yang pertama adalah Shared Hosting, jenis hosting yang paling mudah untuk digunakan khususnya oleh pemula. Sebab anda tidak perlu menguasai bahasa pemrograman untuk bisa menggunakan jenis hosting yang satu ini.

Dalam Shared Hosting, anda akan berbagi dengan customer lainnya dari layanan hosting yang anda gunakan. Jadi harganya lebih murah dan semuanya terhubung ke dalam satu hosting. Namun ketika ada satu website atau blog dengan traffic melonjak, semua blog dalam hosting tersebut juga ikut terkena imbasnya dan semuanya ikut down.

2. VPS ( Virtual Private Server)

Berikutnya adalah VPS alias Virtual Private Server. Biasanya, jenis hosting ini digunakan oleh professional atau perusahaan dengan tim khusus yang mengurus server dan websitenya. Berbeda dengan Shared Hosting yang digunakan secara bersama, VPS ini hanya digunakan oleh website anda sendiri tanpa perlu berbagi dengan customer lain. Jadi, website anda bisa menampung lebih banyak traffic yang masuk dalam waktu yang bersamaan. Tentunya, harga VPS juga lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting.

3. WordPress Hosting

Sesuai dengan namanya, WordPress Hosting adalah website yang dibuat khusus dan hanya bisa digunakan untuk para blogger dan website yang menggunakan platform WordPress. Jenis hosting ini juga digunakan secara bersamaan namun dengan jumlah anggota yang dibagi lebih sedikit.

Biasanya harga WordPress hosting tidak begitu jauh dengan Shared Hosting. Tetapi karena hanya bisa digunakan untuk platform WordPress, jenis hosting ini kurang flexible untuk website profesional.

4. Dedicated Hosting

Untuk Dedicated Hosting ini, bisa dibilang seperti anda memiliki hosting sendiri yang dibuat khusus untuk anda. Jadi anda tidak perlu berbagi maupun bermasalah dengan layanan hosting ketika down. Tetapi, harganya sangat mahal dan hanya cocok untuk ukuran perusahaan. Serta anda membutuhkan pengetahuan mengenai server atau memiliki tim khusus yang akan mengurusnya.

5. Cloud Server

Yang terakhir adalah Cloud Server, hosting yang agak mahal namun paling cocok untuk website dengan traffic yang selalu padat. Sebab Cloud Server ini tidak akan mengalami down ketika trafficnya melonjak dalam waktu yang bersamaan. Tetapi, Cloud Server akan langsung memindahkan jalur traffic ke tempat berbeda agar para pengunjung tetap bisa mengakses website anda.

Penyedia Web Hosting Indonesia

Memilih web hosting tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Jangan sampai ditengah jalan justru web tidak dapat diakses. Dampaknya anda akan semakin kehilangan visitor dan mengalami banyak kerugian lainnya. Untuk itu, jangan salah pilih!

Pilih web hosting Indonesia yang benar-benar berkualitas, aman, dan anti lelet hanya di Rackh. Menyediakan hosting yang berbasis Cloud yang menggabungkan kecepatan, keamanan, kenyamanan dan mudah digunakan dengan control panel. Beberapa Layanan yang tersedia di Rackh antara lain yaitu Cloud hosting, email hosting, cloud server Linux, Cloud Server Linux, dedicated Server, dan calocation Server.

Paket Cloud Hosting Indonesia di Rackh.com

Rackh menyediakan hosting dengan teknologi Cloud hosting yang mengutamakan aspek kecepatan dan keamanan. Dilengkapi dengan fitur-fitur pelengkap seperti cpanel dan berpusat pada data center terbaik di Indonesia. Web hosting Indonesia yang satu ini sudah memenuhi kebutuhan anda sebagai seorang blogger, internet marketer, maupun web developer. Harga dibagi berdasarkan kemampuan budget anda.

Mengapa Memilih Rackh?

Rackh adalah tempat terbaik untuk memilih web hosting Indonesia yang berkualitas. Hadir di bawah naungan PT RackH Lintas Asia, Rackh menjadi perusahaan IT terbaik di Indonesia yang fokus pada layanan Aplikasi Website dan Mobile, Domain, Web Hosting Indonesia, Colocation Server dan Internet Service Provider (ISP). Rackh telah berpengalaman dan memiliki banyak pelanggan.

Rackh menyediakan web hosting Indonesia terbaik dengan uptime mencapai 99%. Proses instalasinya begitu mudah sehingga anda tak perlu menunggu lama untuk resmi memiliki sebuah website berkualitas. Customer Service siap membantu anda selama 24 jam 7 hari apabila mengalami kendala.

Memilih hosting yang berkualitas adalah langkah awal yang baik untuk membuat website yang berkualitas. Jadi, jangan sampai salah pilih ya, pilih web hosting Indonesia hanya di Rackh!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini